Senin, 15 April 2013

Tips-tips UN..


Ternyata hari ini udah mulai ujian nasional lagi aja, dan ga terasa udah lewat 2 tahun dari gue ujian nasional.. Jadi sedih deh kalau inget ujian nasional SMA.. Bakalan semakin banyak siswa-siswi unyu yang setelah jadi mahasiswa malah stress gara-gara salah jurusan, lalu dapet IP dibawah 2 (ini curhat)..

Sehubungan dengan gue baik hati dan gue punya beberapa temen yang sekarang lagi menjalani ujian nasional, ini gue bagiin tips-tips UN dari awal masuk kelas sampai keluar kelas sesuai dengan pengalaman pribadi dan orang-orang sekitar gue.. Semoga dengan baca ini, yang UN jadi dapet pencerahan..

1.       Sebelum berangkat ke sekolah, pastiin kamu menggunakan seragam yang tepat.
Ini terlihat sepele, tapi justru ini yang banyak yang mengalami kesalahan.. Inget ketentuan seragam kamu di sekolah itu gimana, pake seragam yang benar dan rapi.. Baju jangan dikeluarin, celana bagian lutut jangan dibolongin (karena kamu bukan lagi ke acara lagu rock), jangan juga malah ga pake baju atau pake kostum badut..

2.       Pergi ke kelas yang udah ditentuin dari pihak sekolah, jangan malah ke kelas mantan kamu.
Ini juga yang sering banget terjadi kesalahan di hari pertama ujian.. Kebanyakan peserta ujian ngerasa bahwa kelas yang mereka tuju udah benar, dan ga mau melakukan pengecekan ulang.. Alhasil, mereka salah kelas dan mengganggu kelancaran ujian temen-temen lain dan dia sendiri..

3.       Jangan lupa bawa kartu tanda peserta ujian.
Kalau di SMA gue dulu, setiap peserta ujian harus bawa kartu tanda peserta yang ada foto dan tanda tangan nya, hal ini dilakukan mungkin supaya ga ada yang pake jasa joki.. Kalau ada yang ga bawa kartu tanda peserta nya, mereka diwajibkan lapor ke ruang tata usaha dan bayar (kalau ga salah) lima ribu, dan proses nya pun lumayan memakan waktu.. Jadi inget, jangan lupa bawa kartu tanda peserta, bukan bawa kartu jakarta sehat, kamu bukan lagi mau konsultasi ke dokter..

4.       Gunakan pensil 2B untuk melingkari jawaban, jangan pake yang 36B, tebel bro!
Waktu ngelingkerin jawaban ini, cek lagi bahwa yang kamu lingkerin ini adalah benar lembar jawaban kamu, bukan lembar jawaban temen kamu..

5.       Ingat, semakin nyaman pengawas di ruang ujian, semakin menurun juga tingkat kewaspadaan nya mengawasi ujian.
Nyontek itu udah hal biasa waktu lagi ujian, dan ini bisa gue maklumin.. Masa’ usaha 3 tahun kita jadi sia-sia gitu aja karena ga lulus ujian gara-gara ga bisa ngerjain soal dan ga mau nyontek?! Terus buat apa selama 3 tahun sekolah kita nyari temen banyak-banyak kalau bukan buat dimintain jawaban pas ujian? *lah*

Jadi, gue sangat menyarankan buatlah kelas kalian senyaman mungkin buat si pengawas.. Karena menaruh koran di meja pengawas sudah sangat mainstream, cobalah sekali-sekali panggil barongsai main di kelas, untuk mengalihkan perhatian pengawas.. Bisa juga dengan manggil penjual-penjual makanan kaki lima buat jualan depan kelas, dalam hal ini kerak telor sangat disarankan..

6.       Konsentrasi!
Fokus! Jangan biarin konsentrasi kalian terpecah ketika kalian lagi ngerjain soal karena nanti soal yang dibaca bisa berubah.. Jangan juga biarin alasan kalian engga konsen adalah karena mikirin mantan.. Ngapain mikirin mantan? Dia udah bahagia sama yang lain, terima aja! *kemudian galau*

Yang paling penting sih sebenarnya adalah berdoa.. Berdoa supaya engga dapet pengawas yang rese, berdoa supaya jalan nyontek-nyontek nya lancar ga ada halangan, berdoa supaya waktu lagi ga bisa ngerjain soal tiba-tiba alien turun ke bumi buat beli franchise Holycow..

Menurut gue sendiri sih ujian nasional ga segitu susah nya kok, secara pemerintah juga mikir kalau bikin soal yang kelewat susah, bakal berapa juta siswa-siswi yang ga lulus.. Gue juga sangat tidak menyarankan untuk nyontek atau nanya jawaban ke temen.. Jujur gue pribadi ga pernah nyontek waktu ujian sekolah atau ujian nasional, lebih mending dapet jelek daripada ga lulus gara-gara ketahuan nyontek..

Pesan-pesan terakhir gue, kalau soalnya susah, jangan salahin si pembuat soal, salahin aja mantan kamu yang udah nyakitin kamu.. Iya, mantan kamu yang salah! Waktu lagi ngerjain soal ujian, coba pikir-pikir dulu, kamu beneran mau lulus kemudian jadi mahasiswa atau engga.. Sudahkah kamu siap dapet IP di bawah 2? Mahasiswa ga seenak itu, bro! Muehehehehe..



Rendy Orton Saputra, over and out :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar