Minggu, 10 Februari 2013

ini agama gue! :D

Gue nulis ini dalam keadaan kaki hampir lumpuh.. Dalam tradisi keluarga gue, setiap kali malem imlek harus kudu wajib ke vihara buat sembayang dan ngambil angpao berkat buat setahun.. Yang jadi masalah gue adalah, posisi sembayang nya..

Jadi dalam agama gue, sembayang nya itu lebih kurang kayak agama islam, musti berdiri dan bersujud.. Beda nya, posisi tangan agama gue waktu bersujud itu ketemu, jadi kedua tangan itu semacam ngebentuk suatu kepalan gitu.. Dan ketika kita bersujud, ada hitungan nya, bagian pinggang ke atas kita harus naik turun sekitar 2-3 cm seirama dengan hitungan nya.. Kita juga sujud nya di atas semacam sebuah bantal kecil gitu..

Masalahnya di sini.. Hitungan nya emang cuma 5-10 kali, tapi diitungnya berulang-ulang, dan ada beberapa kali yang sekali ngitung sampe 300 hitungan.. Bayangin aja posisi bersujud, kaki ditekuk, kepala nunduk dan harus naik-turun 300 kali.. Itu urat di paha mau putus, darah naik ke kepala semua, sukur-sukur engga mimisan setelah sembayang.. Jadi kira-kira sekali sembayang itu kita harus melakukan gerakan naik-turun itu sebanyak 1000 hitungan..

Tunggu dulu, proses sembayang agama gue engga segampang itu.. Emang sekali sembayang terdapat sekitar 1000 hitungan, tapi setiap acara selalu ada doa pembuka dan penutup kan? Iye, apes nya sembayangan gue juga gitu.. Jadilah tadi gue nungging naik turun gitu sekitar 2000 kali..

Pas sembayang penutupan gue udah ga kuat konsentrasi sama sekali gara-gara urat di paha gue udah bener-bener ketarik, alhasil gue celingak-celinguk liatin orang yang urat paha nya kesakitan juga kayak gue.. Ternyata banyak banget yang masang muka melas nahan sakit waktu lagi sembayang.. Gue liat anak kecil di belakang kiri gue, waktu masuk hitungan ke 800an, posisi sembayang dia udah ga bener.. Dia nungging, tangan nya di pukul-pukul ke bantal senderan nya.. Mungkin dia bukan kecapekan, tapi tiba-tiba keinget mantan nya..

Sedangkan anak kecil di belakang kanan gue, dia udah terkapar, bener-bener terkapar meluk itu bantal nya.. Abg depan kiri gue, setiap kali di suruh sujud sama MC (gue lupa sebutan nya, kita sebut aja MC) nya, setiap kali itu juga dia masang muka pasrah kayak mahasiswa yang judul skripsi nya ditolak terus-terusan..

Ga cuma urat paha dan darah ngumpul di kepala doang yang jadi masalah gue waktu sembayang, tapi juga posisi orang-orang yang sembayang nya.. Karena terlalu sempit, jadi kita sembayang dempet-dempetan.. Alhasil waktu kita mau bersujud, posisi kepala kita sama pantat orang depan kita itu bisa dibilang deket banget, ga sampe 30 cm.. Bayangin kalau tiba-tiba orang depan kita kentut.. Apa yang mau diminta pas doa mendadak buyar, tobat pun kemungkinan ga jadi..

Jujur gue engga ngerti kenapa posisi sembayang nya harus gini.. Kalau sembayang nya dengan posisi yang ga nyaman, mana bisa konsentrasi sembayang.. Yang ada malah sibuk nyari posisi pewe supaya urat paha ga keteken.. Kapan-kapan kalau sempet gue foto gimana posisi sembayang nya, sekaligus foto-foto ekspresi anak-anak depresi sekitar gue tadi..



Rendy Orton Saputra, over and out :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar